Tips Memilih Desain Interior Rumah Minimalis

Monday, July 10th, 2017 - Interior

Desain Interior Rumah Minimalis. Memiliki rumah baru adalah dambaan bagi setiap orang, dan biasanya kita akan sangat bersemangat untuk menata rumah baru kita menjadi sebuah rumah impian yang nantinya membuat kita betah dan nyaman berada dirumah. Saat ini banyak orang lebih memilih desain interior rumah minimalis karena terkesan simple, cozy dan rapi. Sebagian orang mungkin akan menyerahkan pekerjaan desain interior rumah minimalis ini kepada ahlinya yaitu desainer interior. Namun sebenarnya andapun dapat menata sendiri rumah minimalis anda. Tidak pernah ada kata salah dalam menata interior rumah minimalis anda. Karena sesungguhnya apa yang anda tuangkan kedalam rancangan desain interior ruangan anda pastilah segala sesuatu yang sesuai dengan apa yang anda sukai, sesuai dengan karakter anda dan kenyamanan anda sekeluarga nantinya. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam merancang desain interior rumah minimalis anda.
Yang pertama adalah konsep desain interior rumah minimalis yang anda inginkan. Konsep ini erat kaitannya dengan karakter, pribadi dan gaya anda. Pada umumnya untuk rumah yang tidak terlalu luas seperti rumah tipe 36 dan rumah tipe 45, lebih cocok menggunakan desain interior rumah minimalis modern. Karena terkesan lebih simple, fungsional dan praktis. Namun jika tidak terlalu menyukai tema modern, anda bisa memilih konsep desain interior rumah minimalis bergaya natural. Atau jika anda menyukai konsep yang klasik, andapun bisa menuangkan ide anda pada desain interior rumah minimalis klasik sesuai karakter anda.
Yang kedua adalah pemilihan warna. Pemilihan warna kami anggap hal yang sangat penting yang nantinya besar pengaruhnya tehadap keseluruhan konsep desain rumah minimalis karena dapat memberikan efek-efek yang anda inginkan. Untuk ruangan yang sempit, sebaiknya dipilih warna terang untuk interiornya untuk memberikan efek luas. Sebaliknya untuk ruangan yang luas anda bisa lebih bermain-main dengan warna baik warna gelap maupun terang. Warna juga bisa memberikan efek psikologis dalam desain interior rumah minimalis anda. Jadi pilihlah warna yang memberikan efek luas pada ruangan namun juga sesuai dengan karakter dan spirit yang ingin anda pancarkan dalam rumah anda.
Yang ketiga adalah pemilihan elemen interior. Elemen interior adalah segala jenis barang atau benda yang terdapat dalam rumah anda yang bisa berfungsi sebagai hiasan atau sesuatu yang dapat dipakai. Elemen interior yang berfungsi hiasan contohnya seperti lukisan, pajangan, patung , vas bunga dan lain-lain. Sedangkan elemen interior yang berfungsi sebagai benda pakai contohnya adalah furniture seperti sofa, meja makan, kursi, lemari dan lain-lain.

Pemilihan elemen interior ini sebaiknya mengacu pada hal-hal berikut :
1. Proporsi atau skala. Maksudnya adalah keseimbangan ukuran-ukuran dari elemen interior yang anda pilih. Misalnya ketinggian kursi dan meja makan haruslah proporsional agar nyaman digunakan. Atau, ukuran panjang dan lebar meja, rak, sofa dan lain-lain agar sesuai dengan ukuran ruangan anda.

2. Tata letak atau layout. Gambarlah tata letak desain interior rumah minimalis anda dalam sebuah kertas lengkap dengan ukuran ruangan dan elemen interior yang anda pilih. Hal ini sangat membantu anda membuat gambaran yang jelas untuk diimplementasikan ke dalam interior rumah anda.
3. Keharmonisan dan keseimbangan. Hal ini dimaksudkan agar semua elemen interior dalam rumah anda menjadi utuh, berkesinambungan antara yang satu dengan yang lain dan memberikan keseimbangan dalam rumah anda.
4. Pemilihan focal point. Artinya adalah sesuatu yang menonjol dan memberikan daya tarik yang lebih dari pada elemen lainnya. Cukup satu atau duah buah focal point dalam desain interior rumah minimalis anda. Hal ini akan memberikan aksen yang cantik dalam rumah minimalis anda.
Berikut ini adalah beberapa ide desain interior rumah minimalis yang bisa mejadi inspirasi anda.

Gambar Tips Memilih Desain Interior Rumah Minimalis

Tips Memilih Desain Interior Rumah Minimalis | Tipe Rumah Minimalis | 4.5