Tips Mendesain Kamar Anak yang Sehat

Saturday, June 3rd, 2017 - Kamar Tidur, Tips

Tips Mendesain Kamar Anak yang Sehat – Dalam mendesain kamar anak ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan, salah satu  yang paling serius adalah faktor kesehatan. Kamar anak haruslah tetap sehat agar anak-anak anda dapat beraktivitas dengan lincah dan ceria di kamar mereka. Kamar yang sehat juga akanmenghindarkan dari berbagai penyakit yang dapat di timbulkan oleh berbagai kuman akibat suasana yang pengap dan kotor. Untuk mendesain kamar anak yang sehat, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Desain Kamat Anak

1. Mengatur Sirkulasi Udara

Untuk menciptakan kamar anak yang sehat, anda harus mengatur sirkulasi udara keluar-masuk yang lancar. Hal ini bisa anda lakukan dengan memberikan bukaan pada kamar melalui jendela atau ventilasi. Usahakan untuk memberikan setidaknya dua buah ventilasi udara di kedua sisi kamar agar udara yang keluar dan masuk menjadi lebih lancar. Sirkulasi udara yang lancar bertujuan agar udara kotor tidak terperangkap di dalam kamar karena pertukaran udara kotor dan udara bersih dapat terjadi secara terus menerus. Dengan demikian udara yang ada di dalam kamar akan selalu segar dan kamar anak anda terhindar dari suasana pengap dan berbau.

2. Cahaya Matahari

Selain mengatur sirkulasi udara yang lancar, faktor masuknya cahaya matahari ke dalam kamar anak anda juga harus di perhatikan untuk menciptakan desain kamar anak yang sehat. Upayakan untuk memposisikan jendela berada pada arah matahari terbit agar cahaya matahari pagi dapat masuk ke dalam kamar anak anda. Cahaya matahari sangat bagus untuk mencegah berkembangnya berbagai bakteri dan kuman penyakit yang bersarang pada benda-benda yang ada di dalam kamar seperti pada kasur, kursi, bantal dan lain sebagainya. Selain itu cahaya matahari yang dapat masuk ke dalam kamar juga akan menghindarkan suasana lembab pada kamar anak anda. Seperti yang anda telah ketahui bahwa suasana lembab ini sangat berpotensi menjadi habitat yang sangat subur bagi perkembangan berbagai jenis jamur dan mikroba yang dapat menimbulkan penyakit pada anak.

Desain Kamat Anak

3. Penerangan

Tips desain kamar anak yang sehat selanjutnya adalah mengatur penerangan kamar. Selain penerangan alami yang berasal dari cahaya matahari, untuk menciptakan kamar yang sehat anda juga harus memperhatikan faktor penerangan yang berasal dari lampu. Sisihkanlah budget lebih untuk memasang beberapa buah lampu di kamar anak anda yaitu lampu utama (primer), lampu tidur, dan lampu di meja belajar.

Lampu utama adalah lampu yang di letakkan di atas dek. Lampu ini haruslah yang paling terang dari lampu yang lainnya. Untuk lampu tidur gunakanlah lampu yang menggunakan kap dengan cahaya yang sangat redup. Usahakan menggunakan kap jenis tertutup agar cahaya yang keluar tidak menyebar terlalu tajam ke samping. Hal ini bertujuan agar anak anda bisa tidur dengan lebih nyenyak tanpa harus mematikan lampu secara total karena beberapa anak biasanya takut dengan suasana yang gelap gulita tanpa ada penerangan sedikitpun.

Untuk meja belajar, tambahkan satu buah lampu lagi yang di gunakan khusus pada saat anak-anak anda sedang belajar atau mengerjakan PR. Pilihlah lampu dengan cahaya putih dengan intensitas cahaya yang nyaman di gunakan untuk membaca dan menulis. Jangan gunakan lampu dengan cahaya yang berwarna selain putih karena dapat membuat mata menjadi cepat lelah juga kurang nyaman di lihat terlalu lama.

Itulah 3 tips desain kamar anak yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gambar Tips Mendesain Kamar Anak yang Sehat

  • Desain Kamat Anak
Tips Mendesain Kamar Anak yang Sehat | Tipe Rumah Minimalis | 4.5