Tips Memilih AC yang tepat Demi Kenyamanan dan Kesehatan

Tuesday, April 18th, 2017 - Interior

Memasang AC di rumah memang bukan lagi masalah prestise melainkan kenyamanan. Memiliki AC membuat suasana rumah jauh lebih nyaman baik untuk aktivitas dalam rumah maupun untuk tidur. Bagi yang hidup di daerah panas seperti kota-kota besar di Indonesia, memiliki AC adalah kebutuhan utama karena bisa jadi anda tidak bisa tidur tanpa AC.

Tempat Menyimpan AC yang Benar

Namun sebelum anda memutuskan menggunakan AC pada rumah, anda harus dengan bijak mempertimbangkan hal-hal yang menyangkut kesehatan dan lingkungan. Karena AC sangat beragam dan iklannyapun sangat gencar. Saking banyaknya klaim AC terbaik dan teririt maka kita bisa kehilangan arah untuk menentukan AC yang terbaik sesuai dengan kebutuhan kita seperti apa?

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah budget karena dari situ anda bisa mengerucutkan pada daya AC dan merk-merk tertentu. Namun sebaiknya anda jangan memaksakan diri untuk membeli AC bekas karena dalam banyak hal AC bekas bisa sangat mengecewakan dan bisa jadi anda akan menginvestasikan uang jauh lebih banyak daripada membeli AC baru hanya untuk merawat AC bekas.

Kedua anda harus mempertimabangkan ruangan yang perlu anda dinginkan. Meskipun mampu, sebaiknya anda tidak perlu mendinginkan semua ruangan. Paling tidak dapur dan kamar mandi tidak perlu anda dinginkan. Secara umum orang hanya mendinginkan kamar tidur karena AC hanya diperlukan menjaga tidur supaya nyenyak.

Selanjutnya anda harus mempertimbangkan daya terpasang PLN di rumah anda. Jika AC membutuhkan daya 1300 watt maka setidaknya anda harus memasang daya listrik sebesar 2300 watt. Jangan sampai saat AC hidup, peralatan lain tidak dapat dinyalakan. Tentu mengganggu aktivitas dan tidak nyaman sama sekali. Penggunaan listrik yang terlalu besar juga berpotensi merusak peralatan pengaman (misal: mcb) karena sering ngetrip.

Anda juga perlu memikirkan daya AC. Untuk kamar tidur biasanya antara ½ PK sampai 1 PK, lebih dari itu adalah pemborosan. Dan untuk ruang tamu biasanya menggunakan 1.5 PK sampai 3 PK. Jangan terlalu kecil juga karena pemborosan, AC hidup terus dan temperatur tidak tercapai.

Setelah AC dipasang, anda harus memastikan tidak ada udara yang keluar. Tutup semua ventilasi, jendela dan pintu agar udara dingin tidak keluar. Karena udara sejut tersebut adalah interpretasi dari energi, kalau udara dingin bocor maka energi terbuang dan AC hidup terus.

Untuk alasan kesehatan, ruangan berAC sebaiknya tidak secara terus menerus tertutup. Sebaiknya saat tidur ac dinyalakan maka kamar ditutup rapat dan saat pagi, siang dan sore kamar terbuka. Ini menghindari kamar pengap dan jadi sarang bakteri.

Ac juga perlu dirawat, untuk rumahan membersihakan tiam 3 bualn sekali sudah cukup. Namun tergantung kondisi rumah juga, jika dipinggir jalan mungkin perlu sebulan sekali dicuci filternya kalau tidak filter akan buntu dan membuat kompressor bekerja lebih keras. Dlam jangka panjang AC menjadi tidak awet.

Gambar Tips Memilih AC yang tepat Demi Kenyamanan dan Kesehatan

  • Tempat Menyimpan AC yang Benar
Tips Memilih AC yang tepat Demi Kenyamanan dan Kesehatan | Tipe Rumah Minimalis | 4.5