Ini Dia Tips Menghemat Pengeluaran Listrik di Rumah

Friday, April 28th, 2017 - Tips

Listrik adalah sumber energi paling populer di seluruh dunia. Listrik dibangkitkan dengan teknologi tinggi dan tidak semuanya menggunakan bahan baku yang terbaharukan. Selain itu listrik juga harus kita bayar dan semakin hari harganya terus naik. Karena itu baik dengan alasan cinta lingkungan maupun hemat kocek, listrik sangat pantas dihemat. Apalagi jika kita menyadari cukup banyak saudara-saudara kita masih hidup tanpa listrik di daerah-daerah perbatasan sana.

Tahukah anda ternyata banyak cara untuk menghemat listrik dan sebagian besar diantaranya jika kita lakukan akan sekaligus membuat alat listrik tersebut lebih awet.

Penggunaan lampu LED sekarang ini makin populer dan menggantikan lampu hemat energi yang beberapa tahun lalu menjadi pilihan utama. Lampu LED kini memang menjadi pilihan paling hemat energi namun memiliki tingkat keterangan yang sama. Anda bisa mengabaikan harganya karena dengan pampu LED penghematan yang didapatkan diatas 65% dibanding lampu biasa.

Untuk meningkatkan penghematan lampu LED sebaiknya dirawat dengan baik dengan cara membersihkan permukaan lampu dari debu. Debu pada permukaan lampu ditengarai menurunkan intensitas lampu hingga 5%.

Meskipun lampu LED hemat energi sebaiknya anda mematikannya di pagi dan siang hari dan membuka gordyn supaya cahaya matahari menerangi dalam rumah. Cahaya matahari selain menyehatkan, membunuh kuman juga gratis. Dengan mematikan lampu pada siang hari otomatis umur lampu akan lebih panjang.

Perhitungkan penempatan lampu. Menempatkan beberapa titik lampu dengan watt yang lebih kecil bisa mendapatkan tingkat pencahayaan yang lebih baik dibandingkan dengan menempatkan satu lampu dengan daya besar di tengah ruangan. Anda bisa mengabaikan biaya instalasi karena utilitasnya sangat lama.

Anda juga bisa menghemat listik dengan cara memberikan perhatian pada setrika sebagai salah satu alat listrik berdaya besar. Menggunakan setrika otomatis sangat dianjurkan karena saat panasnya tercapai akan langsung mati. Pastikan anda mensetting suhu sesuai dengan baju yang anda setrika. Kumpulkan jean dengan sesamanya dan woll dengan baju lain yang berkain tipis karena mensetrika woll memerlukan suhu lebih rendah dibanding jean. Sebaiknya anda menyetrika baju-baju tipis dan pakaian dalam lebih dahulu sebelum pakaian-pakaian tebal.

Sering-seringlah membersihkan bagian teflon setrika, hindari penggunaan pisau, gunting atau benda logam dan keras lainnya karena akan merusak permukaan teflon. Gunakan cairan pembersih dan kain untuk kebersihan maksimal. Dengan teflon yang bersih, setrika tidak perlu terlalu panas untuk mendapatkan hasil yang halus.

Jangan lupa untuk selalu mencabut colokan setrika saat selesai bekerja. Cukup banyak kejadian buruk terjadi karena setrika lupa dicabut colokannya. Mulai dari kerusakan setrika sampai kebakaran yang menghanguskan seisi rumah bahkan memakan korban jiwa. Setrika adalah kegiatan rutin sehari-hari, pastikan anda melakukannya dengan aman karena dengan mencabut setrika bukan hanya energi yang anda hemat namun anda juga sedang melindungi seisi rumah.

Gambar Ini Dia Tips Menghemat Pengeluaran Listrik di Rumah

  • Sirkuit Listrik Paling Efisien
Ini Dia Tips Menghemat Pengeluaran Listrik di Rumah | Tipe Rumah Minimalis | 4.5