Cara Mengatasi Atap Rumah yang Bocor

Saturday, September 30th, 2017 - Tips

Saat musim hujan teror atap bocor meuncul dimana-mana. Atap bocor memang sangat menjengkelkan karena selain membuat basah barang-barang dibawahnya juga merusak apa saja yang dilewati air bocoran. Lebih mengesalkan lagi jika kebocoran besar. Mau diperbaiki pas hujan juga bahaya, kalau tidak diperbaiki sangat mengganggu. Sebaliknya saat terjadi bocor jarum juga tidak kalah menjengkelkan karena sulit mencari sumbernya karena bocor jarum bisa jadi sumbernya cukup jauh dari tempat air menetes.

Cara terbaik mengatasi kebocoran adalah mencegahnya. Pada saat rumah dibangun, proses dan material yang digunakan untuk membangun rumah harus yang terbaik.Tukang harus mengerti teknik memasang atap, kalau tidak bisa hancur berantakan.

Kemiringan atap yang baik ada di kisaran 40 derajat. Lebih dari itu bisa berpotensi atap bocor karena genteng melorot. Genteng melorot juga bisa disebabkan oleh pemasangan reng yang miring sehingga genteng tidak mencengkeram dengan baik. Untuk rumah tua, bisa jadi reng sudah lapuk dan patah karena tidak bisa menahan genteng, jadinya genteng melorot.

Selanjutnya untuk mencegah anda sebaiknya melakukan pengecekan secara rutin sebelum musin penghujan hadir. Sekalian cek kondisi kabel diatas plafon apakah ada yang terbuka atau ada hal lain yang membahayakan. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan dan menginspeksi lebih teliti jika rumah sudah berumur diatas 3 tahun.

Jika anda kelolosan dan tidak bisa mencegah kebocoran terjadi maka anda harus segera memperbaiki begitu kebocoran ditemukan. Tentu saja perhitungkan apakah bisa diperbaiki saat hujan atau tidak.

Jika kebocoran sangat besar sebaiknya alihkan air hujan supaya tidak mengenai plafon. Pasang terpal dan arahkan air keluar supaya tidak terkena plafon. Plafon yang terkena air berpotensi jatuh dan mengenai kepala penghuni rumah, itu bisa mengakibatkan hal yan gfatal.

Jika anda tidak punya terbal mungkin anda harus menjebol sendiri plafon. Mending plafon kita jebol sendiri saat dibawahnya tidak ada orang daripada jatuh menimpa orang yang kita sayangi. Dengan menjebol plafon, air akan langsung jatuh ke lantai, disana anda bisa mengalirkan keluar atau menampungnya dalam bak supaya rumah tidak licin karena air.

Setelah hujan reda segera perbaiki atap anda, mungkin anda bisa menomorduakan perbaikan plafon karena yang terpenting adalah menghentikan kebocoran air dari sumbernya. Untuk menambah kekuatan anda bisa menggunakan cat anti bocor pada genteng dan sela-sela genteng yang bocor. Biasanya toko bangunan juga menyediakan serat plastik untuk menambal bagian atap yang bocor. Gunakan serat fiber tersebtu karena terbukti effektif dan tahan lama untuk mengatasi bocor.

Seperti bahasan kita tadi, yang terbaik adalah mencegah, jika ita tak dapat mencegah saat pembangunan rumah, kita bisa mencegah saat sebelum musim hujan dengan infeksi dan disaat kita tidak bisa melakukannya maka kita harus memperbaikinya sesegera mungkin.

Gambar Cara Mengatasi Atap Rumah yang Bocor

  • Memperbaiki Atap yang Bocor
Cara Mengatasi Atap Rumah yang Bocor | Tipe Rumah Minimalis | 4.5