Cara Mendesain Rumah yang Nyaman dan Sehat Alami

Tuesday, September 26th, 2017 - Tipe Rumah

Desain Rumah yang Nyaman – Tidak setiap hari kita membangun rumah dan tidak setiap hari kita memilih rumah untuk ditempati. Bahkan beberapa orang melakukannya hanya sekali seumur hidup. Karena itu jika anda harus membangun rumah untuk anda tempati atau memilih rumah untuk ditempati sebaiknya anda mendahulukan faktor-faktor kenyamanan dalam desain bentuk rumah agar anda kerasan hidup didalamnya. Beberapa hal berikut ini patut anda simak sebagai hal-hal yang mungkin perlu anda pertimbangkan saat membangun atau memilih rumah.

Contoh Halaman Rumah yang Alami dan Sejuk

Ketinggian rumah adalah faktor penting jika anda ingin rumah anda diterangi secara alamai dari luar sekaligus diventilasi secara natural. Karena rumah yang tinggi akan memberikan peluang cahaya dan udara dari luar masuk ke dalam rumah. Kecuali jika rumah tersebut didesain untuk diterangi secara artificial menggunakan lampu yang hidup sepanjang hari dan ventilasi udara yang diatur menggunakan air conditioning atau air handling unit.

Interior Rumah Alami Penuh Kesejukan

Selain ketinggian, teras andalah bagian rumah yang penting untuk ada. Rumah dengan teras akan meredam cahaya matahari saat terik. Sehingga bagian dalam rumah tidak terasa terlalu panas, tentu saja aliran udara juga perlu dipertimbangkan karena teras yang terlalu luas akan meredam pergerakan udara.

Contoh Exterior Rumah Alami dan Sejuk

Warna juga sangat mempengaruhi kenyamanan rumah. Namun khusus untuk warna akan sedikit subjektif karena selera turut berbicara dalam menentukan rasa nyaman terhadap warna. Warna rumah sebaiknya dibedakan berdasarkan fungsi ruangannya, untuk ruangan yang banyak digunakan untuk membaca tentu membutuhkan warna dinding dan plafon yang terang. Untuk ruangan keluarga, tempat bermain anak atau kebun keluarga bisa anda pilih warna yang ceria seperti kuning, krem atau hijau. Sedangkan kamar mandi sebaiknya diberi warna lebih gelap dari lantai sampai setinggi 145cm kemudian disambung dengan warna yang lebih terang. Ini akan meredam kotoran akibat cipratan air ke dinding.

Anda bisa menambahkan beberapa ornamen kecil yang efeknya bisa luar biasa. Sekarang ini cukup populer penggunaan batu alam untuk memunculkan kesan alami pada rumah. Anda bisa memasang batu paras, batu palimanan, batu bata bali atau batu candi di beberapa sudaut rumah, kesannya pasti berubah drastis.

Sebenarnya ada keuntungan lain dengan mengaplikasikan batu alam pada rumah yatiu menyerap panas. Batu-batu tersebut jika diaplikasikan pada dinding akan meredam panas. Secara visual batu-batu tersebut juga membawa suasana dingin yang alami. Suasana dingin dan lega adalah salah satu faktor utama munculnya rasa nyaman dalam rumah.

Berbicara tentang rasa lega pasti berkonotasi dengan luasan rumah. Itu benar sekali namun bagi anda yang luas ruamahnya terbatas bukan berarti tidak mungkin merasakan kelegaan. Beberapa rekayasa desain bisa anda gunakan untuk menyiasati tanah yang sempit untuk mendapatkan rumah yang luas. Salah satunya dengan rumah tingkat, dengan rumah tingkat luasan rumah bisa dikalikan dua atau lebih. Rumah minimalis juga bisa membuat ruangan menjadi lebih luas dengan cara menghilangkan dan menggabungkan fungsi ruangan rumah.

Gambar Cara Mendesain Rumah yang Nyaman dan Sehat Alami

  • Contoh Exterior Rumah Alami dan Sejuk
  • Interior Rumah Alami Penuh Kesejukan
  • Contoh Halaman Rumah yang Alami dan Sejuk
Cara Mendesain Rumah yang Nyaman dan Sehat Alami | Tipe Rumah Minimalis | 4.5