5 Tips Desain Kamar Anak Ukuran Kecil Agar Tampak Lebih Luas

Thursday, July 6th, 2017 - Kamar Tidur, Tips

Ukuran ruangan yang kecil terkadang menjadi salah satu masalah yang di hadapi banyak orang tua dalam mendesain kamar yang terbaik untuk anak-anak mereka. Seperti yang Anda ketahui bahwa usia anak adalah usia paling aktif dimana mereka selalu membutuhkan ruang untuk melakukan berbagai aktivitasnya, tidak terkecuali saat mereka bereaktivitas di dalam kamar. Terkadang suasana kamar yang terkesan terlalu sempit dapat membuat mereka menjadi merasa tidak betah di dalam kamar.

Sebagai orang Anda sudah pasti ingin selalu memberikan yang terbaik untuk anak Anda termasuk dalam hal memberikan desain kamar yang paling nyaman bagi mereka. Namun terkadang masalah space rumah yang Anda miliki menjadi penghambat  untuk mendesain kamar anak dengan ukuran yang lebih besar dan luas. Sehingga mau tidak mau ukuran kamar anak Anda harus lebih kecil karena space yang tersisa di dalam rumah tidaklah banyak.

Desain Kamar Anak Agar Tampak Lebih Luas

Jika Anda adalah salah satu orang tua yang menghadapi permasalahan ini maka kami akan berikan solusinya. Berikut ini adalah tips untuk membuat desain kamar anak ukuran kecil agar tampak lebih luas yang bisa Anda terapkan pada kamar anak-anak Anda.

1. Gunakan Warna Cerah

Salah satu faktor yang dapat membuat kamar anak berukuran kecil agar terlihat lebih luas dan lega adalah pemilihan warna. Dengan memilih warna yang tepat Anda bisa membangun suasana yang terkesan lebih lega dalam kamar anak-anak Anda. Jenis warna yang sangat di rekomendasikan untuk membangun suasana yang tampak lebih luas adalah warna-warna cerah. Gunakanlah warna biru langit sebagai warna dasar dan warna putih sebagai pembentuk motif atau lisnya. Jangan sekali-kali Anda memilih warna-warna gelap karena hanya akan menambah kesan yang semakin sempit dan sesak. Warna gelap juga akan membuat suasana kamar menjadi suram.

2. Gunakan Properti Berukuran Kecil

Desain kamar anak ukuran kecil agar tampak lebih luas juga bisa di lakukan dengan menggunakan properti interior kamar yang berukuran lebih kecil. Anda bisa menggunakan lemari satu pintu dengan satu buah meja belajar kecil yang di letakkan berdekatan untuk menghemat ruang yang ada. Hindari menggunakan lemari yang berukuran terlalu besar karena akan membuat kamar anak Anda semakin terlihat sempit. Berikan ruang kosong di tengah-tengah kamar kemudian berikan alas karpet berbahan lembut dengan warna cerah untuk membangun suasana yang terkesan lebih luas dan lapang.

3. Gunakan Kursi Tanpa Sandaran Tangan

Tips desain kamar anak ukuran kecil agar tampak luas selanjutnya adalah dengan menggunakan kursi tanpa sandaran tangan. Ini adalah salah satu cara untuk mengakali ruangan yang kecil agar terkesan lebih luas. Kursi tanpa sandaran tangan akan lebih mengekspos kesan luas dan terbuka pada kamar anak Anda. Hal ini diyakini mampu mengurangi tampilan berantakan dan sempit yang sering terlihat pada kamar yang berukuran kecil.

4. Gunakan Cermin

Menggunakan cermin pada kamar anak yang berukuran kecil juga dapat memberikan kesan yang lebih luas. Cermin juga bisa menjadi asesoris dekorasi yang indah untuk mengisi ruangan yang kecil. Jika di letakkan di dalam kamar cermin ini akan memantulkan cahaya dan memberikan kesan lebih terbuka. Pantulan bayangan pada cermin juga akan menciptakan sebuah ilusi mata sehingga ruangan yang tadinya sempit akan terlihat jauh lebih lapang. Yang harus Anda hindari adalah penggunaan cermin kecil yang di letakkan di banyak tempat.

Usahakan untuk menggunakan cermin yang berukuran besar pada satu tempat. Jika memungkinkan letakkan cermin di seberang jendela yang terbuka. Dengan demikian akan tercipta suasana yang lebih luas dalam kamar. Hal ini di sebabkan karena pantulan bayangan benda-benda yang ada di luar jendela akan terpantul pada cermin. Sehingga ketika Anda memandang ke arahnya akan terlihat seperti ada jendela lainnya di dalam kamar. Dengan demikian akan tercipta kesan yang lebih terbuka dan lega.

5. Tata Letak Yang Tepat

Tips desain kamar anak ukuran kecil untuk menciptakan kesan yang lebih luas adalah dengan mengatur peletakan properti interior pada posisi yang tepat. Jika di awal tadi telah di sebutkan bahwa untuk mengisi kamar yang berukuran kecil Anda harus menggunakan properti-properti yang berukuran kecil, maka langkah terakhir adalah menatanya dengan posisi yang tidak bertumbuk satu sama lainnya.

Lemari dan meja belajar bisa Anda letakkan di salah satu sudut ruangan dan saling berdekatan. Sementara kasur Anda letakkan berseberangan pada sisi kamar yang lain. Dengan demikian maka akan tercipta ruang kosong di tengah-tengah kamar. Biarkan ruangan ini tetap kosong. Alasi dengan karpet berwarna cerah dan lembut. Dengan demikian kamar anak Anda yang tadinya berukuran kecil akan tampak jauh lebih luas.

Itulah tips untuk mendesain kamar anak berukuran kecil agar tampak lebih luas yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Gambar 5 Tips Desain Kamar Anak Ukuran Kecil Agar Tampak Lebih Luas

  • Desain Kamar Anak Agar Tampak Lebih Luas
5 Tips Desain Kamar Anak Ukuran Kecil Agar Tampak Lebih Luas | Tipe Rumah Minimalis | 4.5