4 Tips Desain Kamar Anak Yang Nyaman dan Murah Meriah

Thursday, May 11th, 2017 - Kamar Tidur, Tips

Desain kamar anak yang nyaman menjadi syarat mutlak jika Anda ingin anak Anda betah tidur di kamar mereka sendiri. Apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah, Anda sudah harus mengajarkan mereka untuk mandiri dengan memisahkan kamar tidur mereka dari kamar tidur Anda. Namun masalahnya terkadang beberapa anak tetap saja ingin tidur bersama orang tuanya meskipun usianya sudah cukup untuk di ajarkan hidup mandiri. Salah satu yang sering menjadi penyebabnya adalah orang tua yang kurang kreatif dalam mendesain kamar anak sehingga mereka menjadi kurang tertarik dan betah.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mendesain kamar anak yang nyaman dengan budget yang murah meriah. Meskipun hanya membutuhkan biaya yang tidaklah banyak, namun hasilnya akan cukup efektif untuk menciptakan desain kamar anak yang nyaman agar mereka tetap betah berada di kamar mereka sendiri hingga nantinya terbiasa mandiri terpisah dari Anda sebagai orang tua.

Berikut ini adalah 4 cara desain kamar anak yang nyaman dan murah meriah:

1. Pemilihan Warna

Jangan pernah sepelekan perihal pemilihan warna pada desain kamar anak Anda. Karena menurut beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa warna sangatlah berpengaruh pada psikologi anak. Pemilihan warna yang tepat dapat membantu Anda membentuk karakter yang baik dan cerdas pada anak-anak Anda. Selain itu setiap warna sebenarnya memiliki dampak psikologis terhadap suasana yang di ciptakan dalam sebuah ruangan. Karenanya memilih warna yang tepat untuk desain kamar anak yang nyaman harus Anda perhatikan.

Khusus untuk desain kamar anak sebaiknya Anda memilih warna-warna cerah yang lembut. Hindari pemilihan warna-warna yang terlalu terang dan mencolok karena pada beberapa penelitian hal ini terbukti dapat membuat anak Anda menjadi hiperaktif. Warna yang terlalu mencolok juga tidak nyaman di pandang pada saat tidur sehingga mungkin saja malah akan menimbulkan masalah baru yaitu anak Anda menjadi sulit tidur.

Usahakan untuk memilih warna-warna yang cerah namun lembut (soft) seperti biru laut, pink, warna-warna pastel dan warna-warna lembut lainnya. Hindari pemilihan warna yang terlalu gelap atau yang dapat menciptakan suasana seolah terkesan kelam. Hal ini bisa saja membuat anak menjadi tidak nyaman karena biasanya warna-warna gelap identik dengan sesuatu yang seram. Untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman dan enak di pandang usahakan untuk memadukan warna-warna cerah dan lembut dengan komposisi yang pas.

2. Dekorasi Kamar

Dekorasi kamar anak yang nyaman berkenaan dengan pemilihan berbagai aksesoris, motif, dan tema kamar. Khusus untuk desain kamar tidur anak yang nyaman Anda harus bisa membantun sebuah suasana yang dapat membangkitkan kreatifitas anak-anak Anda. Anda bisa memilih tema-tema pemandangan alam, langit, atau suasana yang futuristik. Cobalah untuk mencari beberapa referensi desain kamar anak di internet, Anda pasti akan menemukan banyak sekali ide. Pilihlah yang dirasa paling cocok dan sesuai dengan karakter anak-anak Anda. Temukan apa yang menjadi kesukaan mereka dan kembangkan itu menjadi sebuah ide kreatif untuk mendesain kamar yang mereka sukai.

3. Hindari Suasana Bising

Dalam membangun desain kamar anak yang nyaman agar mereka tetap betah di kamar mereka Anda tidak selamanya hanya memperhatikan faktor desain interiornya saja. Ada faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya dan harus Anda perhatikan dengan serius yaitu faktor lingkungan. Usahakan untuk menciptakan suasana kamar yang tenang dan terhindar dari kebisingan. Salah satu yang paling sering menjadi penyebab suasana kamar menjadi tidak nyaman dan bising adalah suara kendaraan yang lalu lalang. Hal ini bisa Anda hindari dengan memilih posisi kamar yang agak jauh dari jalan. Atau jika memang posisi rumah Anda berada dekat dengan jalan, Anda bisa menggunakan karpet peredam sebagai pelapis dinding kamar anak Anda. Anda bisa menemukan karpet jenis ini dengan mudah di pasaran.

4. Fasilitas Bermain Dan Hiburan

Salah satu faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam desain kamar anak yang nyaman yaitu melengkapi kamar anak Anda dengan berbagai fasilitas pelengkap untuk bermain, belajar, dan fasilitas hiburan agar mereka merasa betah berada di dalam kamar mereka. Anda bisa meletakkan sebuah meja komputer lengkap dengan seperangkat komputer dan monitor di dalam kamar anak Anda. Berikan fasilitas internet jika memang di perlukan. Usahakan untuk meletakkan TV atau DVD Player di dalam kamar anak Anda, karena fasilitas ini tidak akan membantu anak Anda belajar, justru terkadang malah membuat anak menjadi malas.

Jika Anda meletakkan seperangkat komputer lengkap dengan akses internet Anda juga tidak bisa membiarkan mereka terlalu bebas begitu saja. Tetap lakukan pengawasan dan pembatasan akses mereka pada konten-konten negatif yang banyak beredar di internet. Gunakan aplikasi yang sudah banyak beredar untuk membatasi akses anak-anak Anda ke situs-situs yang berisi konten negatif. Dengan begitu fasilitas yang Anda berikan akan sepenuhnya bermanfaat untuk menunjang anak belajar dan meningkatkan kreatifitas mereka.

Desain kamar anak yang nyaman sebenarnya bukanlah suatu hal yang sulit untuk di ciptakan, Anda hanya perlu memahami karakter anak-anak Anda kemudian berimprovisasi untuk menciptakan desain kamar yang paling sesuai dan dapat membuat anak Anda menjadi nyaman berada di kamar mereka. Tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak, cukup dengan melakukan 4 tips murah meriah di atas mudah-mudahan Anda akan berhasil. Selamat mencoba !

Gambar 4 Tips Desain Kamar Anak Yang Nyaman dan Murah Meriah

4 Tips Desain Kamar Anak Yang Nyaman dan Murah Meriah | Tipe Rumah Minimalis | 4.5